Apa itu MLM? Definisi & Arti Multi Level Marketing

0
1663
cari tau penjelasan apa itu MLM disini

Salah satu profesi dan pekerjaan untuk menambah penghasilan baik Part Time ataupun Full Time adalah menjalani Bisnis MLM. Namun, tidak sedikit yang masih belum familiar dengan singkatan atau kepanjangan dari MLM itu sendiri. Bagi anda yang baru mendengar istilah ini dan ingin mengetahui apa itu MLM, yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu MLM Beserta Definisinya

Apa sih MLM itu? MLM adalah singkatan dari Multi Level Marketing atau Pemasaran Berjenjang. Dari berbagai sumber, Multi Level Marketing (MLM) memiliki berbagai definisi. Menurut Wikipedia, MLM adalah strategi pemasaran di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut.

MLM memiliki sebutan – sebutan lainnya yang beredar di dunia, seperti misalnya di Amerika Serikat, MLM memiliki istilah Penjualan Piramida, Pemasaran Jaringan hingga Pemasaran Berantai.

Jadi kesimpulannya, MLM adalah sebuah sistem penjualan yang mengandalkan sistem berjenjang yang digambarkan memiliki gambar layaknya sebuah ‘Piramida’. Dimana Upline menjadi posisi diatas dan Downline menjadi posisi dibawah dan terus menerus hingga memiliki jaringan yang mirip seperti gambar piramida.

Ciri – Ciri Bisnis MLM

Jika anda sudah mengetahui Apa itu MLM, maka saatnya anda harus mengetahui ciri – ciri dari bisnis MLM itu sendiri. Setidaknya ada beberapa ciri – ciri bisnis yang mengadopsi sistem dari Multi Level Marketing alias MLM.

1. Memiliki Sistem Upline & Downline

Seperti yang sudah anda ketahui setelah membaca artikel ini, bisnis MLM adalah sebuah sistem penjualan yang memiliki jaringan layaknya piramida. Oleh karena itu, bisnis MLM memiliki istilah lain yaitu Penjualan Piramida.

bisnis mlm - skema bisnis mlm
Sumber Photo: Crypto Traders

Salah satunya, ciri – ciri bisnis MLM memiliki sebuah sistem Upline & Downline. Dimana jika digambarkan seperti pada gambar diatas,  Seorang ‘Upline’ memiliki posisi jaringan diatas yang membentuk & merekrut seorang ‘Downline’. Seorang ‘Downline’ akan menjadi ‘Upline’ jika dapat merekrut seorang ‘Downline’. Dan seterusnya..

2) Menjual Sebuah Produk Dengan Cara Langsung (Direct)

Hampir sebagian besar bisnis MLM memiliki inti dari bisnis tersebut, yaitu menjual sebuah produk. Dimana biasanya produk tersebut memiliki aturan harus dijual secara langsung atau secara personal ke orang lain. Biasanya, bisnis MLM memiliki sistem cara penjualan yang inklusif alias seperti door to door.

apa itu bisnis mlm

Karena banyak sekali bisnis MLM yang melarang menjual produknya secara online agar menjaga harga dan juga melindungi kualitas dari cara penjualan itu tersebut.

3) Memiliki Aneka Jenis Produk

Biasanya bisnis MLM ini menawarkan berbagai aneka jenis produk yang ditawarkan. Mulai dari Kesehatan, Keperluan Dapur hingga Keperluan Peralatan Rumah Tangga. Karena memiliki banyak aneka jenis produk, tidak salah jika Bisnis MLM ini pastinya memiliki katalog lengkap yang dimiliki oleh para Member Bisnis MLM ini.

4) Berbagi Keuntungan Melalui Komisi / Profit Sharing

Salah satu ciri – ciri bisnis MLM yang paling dikenal adalah memilki sistem komisi. Komisi pada bisnis MLM ini sangat beragam tentunya, namun pada umumnya berdasarkan penjualan dan juga berdasarkan level pada jenjang bisnis MLM tersebut. Semakin anda memiliki level yang tinggi pada bisnis MLM, biasanya anda akan meraih komisi yang lebih besar dari penjualan produk.

Bahkan hampir semua bisnis MLM menerapkan sistem komisi yang juga berdasarkan penjualan dari setiap downline anda. Sehingga setiap downline anda menjual produk, maka anda pun bisa tetap mendapatkan komisi atau fee dari setiap penjualan tersebut.

Kesimpulan Dari Apa Itu Definisi MLM

Nah mungkin bagi anda yang baru mendengar istilah MLM dan baru mengetahui dari definisi MLM itu sendiri setelah membaca artikel ini, maka pastinya anda sudah memahami dan memiliki gambaran singkat seperti Bisnis MLM itu bekerja.

Intinya, MLM atau Multi Level Marketing adalah sebuah sistem penjualan yang mengandalkan sistem jaringan. Umumnya, semakin anda memiliki jaringan yang besar dan kuat, maka anda pun akan mendapatkan manfaat dan komisi yang lebih besar pada bisnis MLM.

Apakah anda tertarik untuk bergabung dengan Bisnis MLM? Di Indonesia ada banyak sekali perusahan – perusahaan yang menawarkan Bisnis MLM ini.

Lalu, bagaimana cara memilih Bisnis MLM yang tepat & kredibel?

[Baca Selanjutnya: Tips Memilih Bisnis MLM Yang Bagus & Kredibel]