Ingin Memiliki Rencana Pensiun Yang Aman & Happy? Ikuti Tips Berikut Ini!

0
581
Peluang Bisnis Untuk Pensiun

Pada umumnya, pensiun menjadi sebuah hal yg ditakutkan dan bisa jadi menjadi pikiran utama bagi siapapun yang akan masuk ke dalam tahap pensiun, baik untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Karyawan Swasta. Terutama jika anda ingin masuk ke dalam waktu pensiun namun masih belum memiliki rencana keuangan saat pensiun sama sekali.

Oleh karena itu, sebuah perencanaan untuk pensiun nanti sangatlah penting dan menjadi hal yg penting untuk kelangsungan hari hari anda setelah pensiun nanti. Mengapa rencana pensiun sangat penting?

  • Memiliki rencana keuangan saat pensiun nanti membuat anda lebih tenang, karena anda mengetahui kapasitas keuangan anda untuk melakukan aktivitas atau kegiatan nantinya.
  • Anda dapat mengetahui seberapa maksimal daya beli anda setelah pensiun nanti, sehingga menghindari anda dari pengeluaran berlebih yang melebihi kapasitas daya beli anda saat pensiun nanti.
  • Keuangan anda akan lebih terencana dengan baik, sehingga menghindari resiko anda meminjam uang atau berhutang yang membuat anda tidak dapat menikmati masa masa pensiun nanti.
  • Menikmati masa pensiun lebih nyaman.

Lalu bagaimana cara memiliki rencana pensiun yang aman & tepat jika anda sampai sekarang belum memiliki perencanaan pensiun yang matang? Tidak usah khawatir, berikut beberapa tips mencari untuk anda agar memiliki rencana pensiun yang aman.

Tips Membuat Rencana Pensiun Yang Aman, Terencana & Bikin Happy!

1) Hitung Kembali Aset, Hutang & Piutang Anda

Banyak orang yg tidak menyadari pentingnya memiliki inventaris yg rapi tentang aset, hutang & piutang sejak dini. Sebetulnya hal ini tidak hanya saat untuk anda mendekati masa pensiun saja. Hal ini membuat anda mengetahui total harta bersih anda saat mendekati masa pensiun.

Buatlah tabel sederhana dengan berbagai list aset anda yg anda miliki saat ini, total hutang serta jatuh tempo membayar dan total piutang anda. Sehingga anda mengetahui total harta saat ini hingga investasi investasi yang dapat anda siapkan & gunakan menjelang masa pensiun nanti.

Tips: Hitunglah rumus harta anda saat ini dengan cara kurangi total harta anda dengan total hutang anda. Tambahkanlah total piutang untuk mengetahui total harta bersih anda.

2) Bayarlah Hutang Dengan Prioritas

Saat pensiun nanti, tentu pendapatan anda per bulan sangatlah terbatas dan sangat berbeda kondisinya dengan anda saat ini yang masih aktif bekerja. Tentu jika anda membayangkan anda harus membayar hutang saat pensiun nanti, pastinya sangat memberatkan bukan?

Oleh karena itu, selagi anda belum pensiun, bayarlah hutang – hutang anda dengan prioritas. Yaitu bayarlah hutang yang:

  • Hutang yang memiliki jatuh tempo paling dekat.
  • Hutang yang memiliki bunga yang paling besar.

Karena jika dibiarkan atau anda tidak memiiki prioritas untuk hutang mana yang harus dibayar, maka bunga anda semakin besar dan semakin menjadi beban untuk anda saat anda pensiun nanti.

Tips: Sisihkanlah 10% dari penghasilan anda saat ini untuk menciicil membayar hutang.

3) Rencanakan Keuangan Dengan Tabungan Berjangka / Investasi

Peluang Bisnis Untuk Pensiun Dengan Investasi

Jika anda memiliki waktu yang masih cukup lama untuk pensiun, seperti 5-10 tahun mendatang maka anda dapat memikirkan untuk mulai merencanakan keuangan pensiun nanti. Seperti dengan cara meng-investasikan uang anda ke Tabungan Berjangka atau Investasi Pada Aneka Platform.

Dengan Tabungan Berjangka ataupun Investasi sejak dini, maka anda setidaknya sudah memiliki perencanaan keuangan untuk pensiun yang jauh lebih baik dibanding yang tidak memiliki perencanaan keuangan pensiun sama sekali.

Tips: Mulailah membuka tabungan berjangka dengan bunga mulai 3-4% per bulan atau investasi emas atau reksadana yang memiliki low risk / medium risk.

4) Mulailah Mencoba Membuka Bisnis Franchise

Bagi banyak orang, tentu memiliki bisnis saat pensiun nanti adalah sebuah mimpi dan impian. Karena diharapkan dengan membuka bisnis, maka anda dapat memiliki tambahan penghasilan selain mengandalkan uang bulanan pensiun atau uang pensiun.

Tetapi, untuk membuka sebuah bisnis nyatanya mungkin harus mengeluarkan modal yang besar, perencanaan matang dengan resiko yang bisa dibilang besar juga. Oleh karena itu, banyak yang takut dengan membuka bisnis setelah pensiun.

Namun hal ini dapat diatasi dengan membuka sebuah franchise bisnis. Dimana anda hanya membutuhkan modal dengan semuanya telah disiapkan. Jadi anda hanya memikirkan bagaimana anda menjalankan bisnis franchise tersebut tanpa harus pusing memikirkan supplier, bahan baku hingga penyesuaian harga. Jika anda tertarik membuka sebuah franchise saat pensiun nanti, pastikan anda memilih:

  • Perusahaan yang sudah terbukti eksistensinya dengan terbukti sudah menjalankan bisnisnya lebih dari 5 tahun.
  • Memilki berbagai produk yang berkualitas dan selalu mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.
  • Operasional seperti penyediaan produk, bahan baku, packing hingga pengiriman dapat dijamin oleh Perusahaan. Sehingga anda dapat menjalankan bisnis franchise tersebut dengan aman & nyaman.
  • Memiliki produk yang sudah lolos berbagai macam standarisasi nasional & internasional.

Untuk membuka bisnis franchise saat anda pensiun nanti, tentu sangat tepat & cocok untuk anda yang merasa saat ini:

  • Ingin membuka bisnis sendiri tanpa harus repot memikirkan perencanaan dari awal.
  • Ingin memiliki penghasilan yang lebih saat pensiun nanti.
  • Ingin memiliki passive income saat pensiun nanti.

Jika saat ini anda bermimpi saat pensiun nanti dan memiliki bisnis franchise yang:

  • Dari perusahaan multinasional dan sudah terdaftar di Bursa Saham Amerika Serikat dan sudah berjalan lebih dari 10 tahun di Indonesia.
  • Memiliki tim riset & produk dengan teknologi terbaru saat ini.
  • Semua operasional sudah dijamin oleh Perusahaan, sehingga anda hanya menjalankan sistem bisnis ini dengan aman & nyaman.
  • Dapat memulai bisnis franchise dengan modal hanya 16 jutaan dengan low risk (resiko rendah).
  • Kesempatan memiliki Passive Income.

Maka anda dapat mengisi formulir dibawah ini:

Maka kami akan secepatnya menghubungi anda dan share lebih detail tentang peluang bisnis tersebut untuk anda.

——–

Pastinya, memiliki rencana pensiun yang matang dan terencana dapat memberikan anda kenyamanan saat anda memasuki masa pensiun nanti.

Apakah anda sudah menjalankan salah satu dari 4 tips untuk memiliki perencanaan keuangan pensiun diatas? Atau anda memiliki tips lainnya? Yuk share tips anda dikolom komentar dibawah ya .